Materi ipa untuk kelas 9 SMP semester 1 dan 2 lengkap - Download

Materi ipa untuk kelas 9 semester 1 dan 2 lengkap.

 IPA adalah salah satu pelajaran yang banyak disukai oleh siswa kelas  Materi ipa untuk kelas 9 SMP semester 1 dan 2 lengkap - Download


IPA adalah salah satu pelajaran yang banyak disukai oleh siswa kelas 9. Akan tetapi tidak sedikit juga siswa yang kurang suka belajar mata pelajaran ipa. Padahal materi ipa adalah salah satu pelajaran yang diujian-nasionalkan. Pernah saya berpikir, kenapa anak-anak banyak yang malas belajar pelajaran ini, padahal materi ipa adalah materi yang membuat kita dapat mengerti akan hal-hal yang terjadi di bumi ini termasuk di alam diri kita sendiri.

Dulu, materi ipa bukan bernama ipa terpadu melainkan terpisah dari kesatuannya karena materi ipa terdiri atas biologi, fisika, dan kimia.

Untuk sebagian siswa kelas 9 yang sebentar lagi akan  menjelang UN, materi ipa adalah pelajaran yang membuat mereka ngantuk di kelas, tapi perlu diketahui bahwa kita sebagai guru harus harus mampu merubah pemikiran itu dari otak mereka. Bagaimana caranya? Materi IPA adalah materi yang fleksibel, artinya segala sesuatu kejadian yang kita lakukan sehari-hari bisa dijadikan objek kita dalam menjelaskan maateri ipa yang kita sampaikan.

Materi IPA atau Ilmu Pengetahuan Alam adalah suatu disiplin ilmu yang mengkaji/membahas tentang gejala alam dan lingkungan. Materi IPA khusus untuk kelas 9 tingkat SMP semester 1 dan 2. Materi IPA yang kami bagikan ini termasuk materi yang lengkap.

Jika saya boleh menilai, memang guru pada zaman sekarang kurang pendekatan dalam menyampaikan materi ipa yang mereka sampaikan. Sebagian besar guru hanya berpikir menyampaikan saja tapi tidak memperhatikan apakah siswa yang kita bimbing itu memahami materi ipa yang dijelaskan atau tidak.

Banyak sekali faktor-faktor yang menyebabkan materi ipa turun peminatnya di kalangan pelajar. Beberapa penyebab materi ipa sering di abaikan oleh siswa terutama kelas 9. Pertama, Guru yang mengajar biasanya penyampaiannya kurang menarik sehingga anak jadi hilang motivasi untuk mempelajari materi IPA. Kedua, materi ipa banyak dianggap tak penting mungkin juga karena penyampaian gurunya biasa-biasa saja. Bapak dan Ibu Guru jangan salah, pelajar sekarang terutama kelas 9 yang secara usia sudah dibilang baligh, mereka sudah bisa memilah-milah dan menilai aktivitas kita saat mengajar. Jika guru yang menyampaikan materi IPA itu cenderung membuatnya pusing dan jenuh, maka mereka akan hilang respon terhadap materi pelajaran IPA.

Untuk membangkitkan kembali semangat siswa terhadap materi ipa, maka sebisa mugkin kita harus bekerja keras. Kerja keras itu tentunya harus diimbangi dengan usaha. Usaha itu bisa berupa perbaikan cara dan gaya mengajar ataupun yang lain sesusai harapan siswa kita.

Banyak media yang bisa menarik minat siswa untuk mempelajari kembali materi ipa. Misalnya buku IPA kelas 9, media belajar ipa, dan lain sebagainya.

Pada kali ini saya akan membagikan materi ipa kelas 9 semester 1 dan semester 2. Jika bapak dan Ibu ingin materi IPA ini, silahkan download di bawah.


Materi IPA kelas 9 untuk semester 1 dan 2 - SMP [ view next download ]

Artikel terkait:


Berbagai Sumber

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel