Buku Guru dan Siswa Revisi 2017 SD MI Kelas 4 Kurikulum 2013 Semester 2

Berikut ini adalah berkas Buku Guru dan Siswa Revisi 2017 SD MI Kelas 4 Kurikulum 2013 Semester 2. Download file format PDF.

 Berikut ini adalah berkas Buku Guru dan Siswa Revisi  Buku Guru dan Siswa Revisi 2017 SD MI Kelas 4 Kurikulum 2013 Semester 2
Buku Guru dan Siswa Revisi 2017 SD MI Kelas 4 Kurikulum 2013 Semester 2

Buku Guru dan Siswa Revisi 2017 SD MI Kelas 4 Kurikulum 2013 Semester 2

Buku Guru dan Siswa Kelas 4 K13 Revisi 2017 Tema 6 Cita-Citaku
  • Subtema 1 Aku dan cita-citaku
  • Subtema 2 Hebatnya cita-citaku
  • Subtema 3 Giat berusaha meraih cita-cita

Buku Siswa Guru dan Kelas 4 K13 Revisi 2017 Tema 7 Indahnya Keragaman di Negeriku
  • Subtema 1 Keragaman suku bangsa dan agama di negeriku
  • Subtema 2 Indahnya keragaman budaya negeriku
  • Subtema 3 Indahnya persatuan dan kesatuan negeriku

Buku Guru dan Siswa Kelas 4 K13 Revisi 2017 Tema 8 Daerah Tempat Tinggalku
  • Subtema 1 Lingkungan tempat tinggalku
  • Subtema 2 Keunikan daerah tempat tinggalku
  • Subtema 3 Bangga terhadap daerah tempat tinggalku

Buku Guru dan Siswa Kelas 4 K13 Revisi 2017 Tema 9 Kaya Negeriku
  • Subtema 1 Kekayaan sumber energi di Indonesia
  • Subtema 2 Pemanfaatan kekayaan alam di Indonesia
  • Subtema 3 Pelestarian sumber daya alam Indonesia
  • Subtema 4 Karyaku prestasiku

Berikut ini kutipan teks keterangan dari isi berkas Buku Guru dan Siswa Revisi 2017 SD MI Kelas 4 Kurikulum 2013 Semester 2:

Tentang Buku Guru
Buku ini disusun agar guru mendapat gambaran yang jelas dan rinci dalam melaksanakan kegiatan pembelajaran. Buku ini berisi:
  1. jaringan tema yang memberi gambaran kepada guru tentang suatu tema yang melingkupi beberapa kompetensi dasar (KD) dari berbagai mata pelajaran,
  2. kegiatan pembelajaran tematik terpadu untuk menggambarkan kegiatan pembelajaran yang menyatu dan mengalir,
  3. pengalaman belajar yang bermakna untuk membangun sikap dan perilaku positif, penguasaan konsep, keterampilan berpikir saintifik, berpikir tingkat tinggi, kemampuan menyelesaikan masalah, inkuiri, kreativitas dan pribadi reflektif,
  4. berbagai teknik penilaian peserta didik,
  5. informasi yang menjadi acuan kegiatan remedial dan pengayaan,
  6. kegiatan interaksi guru dan orang tua, yang memberi kesempatan kepada orang tua untuk ikut berpartisipasi aktif melalui kegiatan belajar peserta didik di rumah, dan petunjuk penggunaan buku peserta didik.
Kegiatan pembelajaran di buku ini didesain untuk mengembangkan kompetensi (sikap, pengetahuan, dan keterampilan) peserta didik melalui aktivitas yang bervariasi. Aktivitas tersebut meliputi:
  1. membuka pelajaran yang menarik perhatian peserta didik, seperti membacakan cerita, bertanya jawab, bernyanyi, permainan, demonstrasi, memberikan masalah dan sebagainya,
  2. menginformasikan tujuan pembelajaran sehingga peserta didik dapat mengorganisasi informasi yang disampaikan (apa yang dilihat, didengar, dirasakan, dan dikerjakan),
  3. memantik pengetahuan peserta didik yang diperoleh sebelumnya agar peserta didik bisa mengaitkan pengetahuan terdahulu dan yang akan dipelajari,
  4. memberi tugas yang bertahap guna membantu peserta didik memahami konsep,
  5. memberi tugas yang membutuhkan keterampilan tingkat tinggi,
  6. memberi kesempatan untuk melatih keterampilan atau konsep yang telah dipelajari, dan
  7. memberi umpan balik yang akan memperkuat pemahaman peserta didik. 
Bagaimana Menggunakan Buku Guru
Buku Panduan Guru memiliki dua fungsi, yaitu sebagai petunjuk penggunaan buku peserta didik dan sebagai acuan kegiatan pembelajaran di kelas. Mengingat pentingnya buku ini, disarankan memerhatikan hal-hal sebagai berikut.
  1. Bacalah halaman demi halaman dengan teliti.
  2. Pahamilah setiap Kompetensi Dasar yang terkait dengan tema.
  3. Upayakan untuk mencakup Kompetensi Inti (KI)-I dan KI-II dalam semua kegiatan pembelajaran. Guru diharapkan melakukan penguatan untuk mendukung pembentukan sikap, pengetahuan, dan perilaku positif.
  4. Dukunglah ketercapaian Kompetensi Inti (KI)-I dan KI-II dengan kegiatan pembiasaan, keteladanan, dan budaya sekolah.
  5. Cocokkanlah setiap langkah kegiatan yang berhubungan dengan buku peserta didik sesuai dengan halaman yang dimaksud.
  6. Kembangkan ide-ide kreatif dalam memilih metode pembelajaran. Temukan juga kegiatan alternatif apabila kondisi yang terjadi kurang sesuai dengan perencanaan (misalnya, peserta didik tidak dapat mengamati tanaman di luar kelas pada waktu hujan).
  7. Beragam strategi pembelajaran yang akan dikembangkan (misalnya peserta didik bermain peran, mengamati, bertanya, bercerita, bernyanyi, dan menggambar), selain melibatkan peserta didik secara langsung, diharapkan melibatkan warga sekolah dan lingkungan sekolah.
  8. Guru diharapkan mengembangkan: a. metode pembelajaran Aktif, Kreatif, Efektif, dan Menyenangkan (PAKEM), b. keterampilan bertanya yang berorientasi pada kemampuan berpikir tingkat tinggi, c. keterampilan membuka dan menutup pembelajaran, dan d. keterampilan mengelola kelas dan pajangan kelas.
  9. Gunakanlah media atau sumber belajar alternatif yang tersedia di lingkungan sekolah.
  10. Pada semester II terdapat 4 tema. Setiap tema terdiri atas 3 subtema. Masing-masing subtema diuraikan menjadi 6 pembelajaran. Setiap pembelajaran diharapkan selesai dalam 1 hari.
  11. Tiga subtema yang ada direncanakan selesai dalam jangka waktu 3 minggu.
  12. Aktivitas minggu ke-4 berupa berbagai kegiatan yang dirancang sebagai aplikasi dari keterpaduan gagasan pada subtema 1–3. Berbeda dengan subtema 1–3, kegiatan minggu ke-4 diarahkan untuk mengasah daya nalar dan berpikir tingkat tinggi. Kegiatan dirancang untuk membuka kesempatan bertanya dan menggali informasi yang dekat dengan keseharian peserta didik. 
  13. Perkiraan alokasi waktu dapat merujuk pada struktur kurikulum. Meskipun demikian, alokasi waktu menurut mata pelajaran hanyalah petunjuk umum. Guru diharapkan menentukan sendiri alokasi waktu berdasarkan situasi dan kondisi di sekolah dan pendekatan tematik-terpadu.
  14. Buku peserta didik dilengkapi dengan bahan-bahan latihan yang sejalan dengan pencapaian kompetensi.
  15. Hasil karya peserta didik dan bukti penilaiannya dapat dimasukkan ke dalam portofolio peserta didik.
  16. Sebagai upaya perbaikan diri, buatlah catatan refleksi setelah satu subtema selesai. Misalnya faktor-faktor yang menyebabkan pembelajaran berlangsung dengan baik, kendala-kendala yang dihadapi, dan ide-ide kreatif untuk pengembangan lebih lanjut.
  17. Libatkan semua peserta didik tanpa kecuali dan yakini bahwa setiap peserta didik cerdas dalam keunikan masing-masing. Dengan demikian, pemahaman tentang kecerdasan majemuk, gaya belajar peserta didik serta beragam faktor penyebab efektivitas dan kesulitan belajar peserta didik, sangat dibutuhkan.
  18. Demi pencapaian tujuan pembelajaran, diperlukan komitmen guru untuk mendidik sepenuh hati (antusias, kreatif, penuh cinta, dan kesabaran).
Kerja Sama dengan Orang Tua
Secara khusus, di setiap akhir sub tema Buku siswa, terdapat lembar untuk orang tua yang berjudul ‘Kerja sama dengan Orang tua’. Halaman ini berisi materi yang akan dipelajari, aktivitas belajar yang dilakukan anak bersama orangtua di rumah, serta saran agar anak dan orang tua bisa belajar dari lingkungan. Orang tua diharapkan berdiskusi dan terlibat dengan aktivitas belajar anak. Saran-saran untuk kegiatan bersama antara peserta didik dan orang tua dicantumkan juga pada akhir setiap pembelajaran. Guru diharapkan membangun komunikasi dengan orang tua berkaitan dengan kegiatan pembelajaran yang melibatkan orang tua dan peserta didik di rumah.

    Download Buku Guru dan Siswa Revisi 2017 SD MI Kelas 4 Kurikulum 2013 Semester 2

    Selengkapnya mengenai susunan dan isi berkas Buku Guru dan Siswa Revisi 2017 SD MI Kelas 4 Kurikulum 2013 Semester 2 ini silahkan lihat preview salah satu buku guru dan buku siswa dan unduh buku lainnya pada link di bawah ini:





    Download File:

    Buku Guru dan Siswa Kelas 4 Kurikulum 2013 Revisi 2017 Tema 6 Cita-Citaku
    Kelas IV Tema 6 BG.pdf
    Kelas IV Tema 6 BS.pdf

    Buku Guru dan Siswa Guru Kelas 4 Kurikulum 2013 Revisi 2017 Tema 7 Indahnya Keragaman di Negeriku
    Kelas IV Tema7 BG.pdf
    Kelas IV Tema 7 BS.pdf

    Buku Guru dan Siswa Kelas 4 Kurikulum 2013 Revisi 2017 Tema 8 Daerah Tempat Tinggalku
    Kelas IV Tema 8 BG.pdf
    Kelas IV Tema 8 BS.pdf

    Buku Guru dan Siswa Kelas 4 Kurikulum 2013 Revisi 2017 Tema 9 Kaya Negeriku
    Kelas IV Tema 9 BG.pdf
    Kelas IV Tema 9 BS.pdf

    Demikian yang bisa kami sampaikan mengenai keterangan berkas dan share file Buku Guru dan Siswa Revisi 2017 SD MI Kelas 4 Kurikulum 2013 Semester 2. Semoga bisa bermanfaat.

    Berbagai Sumber

    Iklan Atas Artikel

    Iklan Tengah Artikel 1

    Iklan Tengah Artikel 2

    Iklan Bawah Artikel